Ahlinya, ahlinya, Kemas, kemas, Kemasan, kemasan, Ahlinya Kemasan, ahlinya kemasan

Kami Sang Ahli Kemasan

Selamat Datang di Blognya Ahli Kemasan

Senin, 17 Maret 2014

TAHUKAH   ANDA ?


Kemasan merupakan PINTU MASUK produk Anda, karena itu jadikan kemasan produk Anda sebagai kesan pertama yang menarik serta menggoda konsumen.

Kemasan melindungi produk, baik dari pengaruh luar maupun dalam. Biasanya kemasan melindungi dari sinar matahari berlebih, kelembaban, dan sebagainya terhadap produk serta melindungi dari pengaruh handling yang tidak benar. 


Kemasan dapat terbuat dari kertas, karton, karton bergelombang, plastik kaku, plastik fleksibel, aluminium foil dan sebagainya.

Hal pertama yang dilakukan konsumen ketika akan membeli sebuah produk adalah melihat kemasannya (bahan kemasan, logo dan warna), baru kemudian melihat kuantitas dan kualitasnya.

Konsumen hanya memerlukan waktu 2 detik untuk menilai kemasan produk di sebuah toko. Karena itu, desainlah kemasan produk Anda sedemikian rupa agar konsumen tertarik pada pandangan pertama.

Produk yang berkualitas harus juga didukung dengan desain kemasan yang menarik dan unik sehingga membedakan dengan produk lain yang sejenis.

yang baik harus memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan serta harus mampu melindungi produk agar aman sampai ke konsumen.

Desain kemasan dapat menjadi promosi/iklan gratis bila didisplay di etalase atau pada saat pendistribusian. Semakin menarik konsep desain kemasannya dan peletakan/displaynya maka akan semakin memikat konsumen. 

Dengan desain kemasan yang menarik dan unik, identitas produk Anda akan semakin jelas terlihat sehingga dapat membedakan produk Anda dengan produk lainnya. 


Kemasan yang baik harus sederhana, fungsional dan menciptakan respon positif yang seolah berkata : "Belilah saya".


PP (Polypropylene) adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk packing/pembungkus makanan kering/snack, sedotan plastik, kantong obat, penutup, cup plastik, tas, botol, dll.

PE (Poly Ethylene) adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk packing minuman atau cairan, seperti es batu, syrup, maupun minuman lainnya.

OPP (Oriented Polystyrene) adalah jenis plastik yang sangat bening, kurang tahan panas. Digunakan untuk packing roti, snack, t-shirt, baju dan jacket agar menambah keindahan dan penampilan produk. Biasa supaya tidak mudah robek dipergunakan double layer side & gusset.

HDPE (High Density Polyethylene) adalah jenis plastik yang berwarna putih susu/ putih bersih. Digunakan untuk kantong tissue, botol detergent, minyak, plastik anti panas, pipa plastik, shopping bag dan kantong plastik yang biasa untuk sayur makanan yang berkuah karena fleksibel dengan kekuatan tinggi.

LDPE (Low Density Polyethylene) adalah jenis plastik yang biasa digunakan untuk pelapis kaleng, plastik pembungkus makanan supaya tetap hangat (food wrapping), kantong grocery, pembungkus roti, dan tas plastik. Jenis plastik ini fleksibel dengan kekuatan remas.

Plastik sangat ideal sebagai bahan kemasan makanan karena tahan terhadap kerusakan, murah, tahan karat, ringan serta tahan air.

Aluminium adalah unsur kimia berwarna putih keperakan dan merupakan salah satu logam yang paling berlimpah di bumi.  Aluminium srukturnya lunak, tahan lama, dan ringan, karena itu aluminium dapat digunakan untuk berbagai industri serta perkakas rumah tangga.

Aluminium foil merupakan paduan aluminium yang dibuat dalam bentuk lembaran tipis. Ketebalan aluminium foil berkisar 0,2 mm dan mengandung sekitar 92% sampai 99% aluminium.
Aluminium foil tersedia dalam berbagai ukuran dan karakteristik dan terutama digunakan untuk mengemas berbagai barang.

Aluminium bekerja baik sebagai penghambat oksigen dan cahaya (oksigen dan cahaya dikenal mampu mengubah tekstur dan rasa makanan). Ini berarti selain berperan sebagai pembungkus, aluminium foil juga akan membuat makanan lebih awet sekaligus menjaga cita rasanya.

Disarikan dari : berbagai sumber

1 komentar: